Translate

Jumat, 20 Juli 2012

15 Tips dan Cara Merawat Laptop

pada umumnya, laptop bukan lagi sebagai barang mewah bagi sebagian orang. banyak merek laptop yang dapat dibeli di berbagai pasar komputer era global ini. mau Accer, Asus, Toshiba, Compaq, Dell, Samsung, Apple, dan lainnya. tinggal memilih sesuai minat dan selera. ^_^ dan harganya pun juga bermacam-macam juga dapat dijangkau oleh semua kalangan.
laptop atau komputer jinjing disamping memiliki kelebihan berupa spesifikasinya lebih beragam dan dapat disesuaikan dengan tingkat kebutuhan manusia, namun perlu penanganan khusus karena rentan terhadap kerusakan. 
Nahh... di sini saya ingin berbagi ilmu pengetahuan tentang cara merawat laptop yang baik. gini-gini saya juga masih belajar bagaimana cara merawat laptop saya dari berbagai sumber lhohh.....!! XD
yuuk, cekidot...





Cara merawat laptop :

1. Usahakan jangan menyentuh layar LCD dengan tangan maupun kuku. karena layar LCD sangat rentan rusak dan retak.

2. Jangan menaruh benda-benda yang mengeluarkan medan magnet, seperti Handphone, dan speaker yang masih aktif. juga jangan meletakkan laptop di dekat televisi.

3. Isikan/carghing baterai dengan rutin. saat kondisi baterai habis, usahakan kondisi baterai kosong sekitar 20%, bila masih di atas angka tersebut, jangan mencarghing baterai terlebih dahulu.

4. Jika tidak menggunakan komputer jinjing/laptop dalam jangka waktu lebih lama, simpan laptop diwadah yang aman dan lepaskan baterai agar terjaga umur serta kualitas baterai.

5. Jangan terlalu sering memindah-mindahkan laptop saat masih menyala, karena resiko harddisk akan rusak dan tergores.

6. Usahakan menggunakan stabillizer/kipas pendingin yang bisa digunakan untuk mengontrol suhu laptop, agar tidak terjadi overhead atau panas yang berlebihan karena dapat merusak komponen yang ada PC itu sendiri.

7. Letakkan laptop ditempat datar dan padat, jangan meletakkan laptop di tempat yang empuk karena akan menghambat suhu panas laptop keluar melalui celah-celah ventilasi laptop, dan jangan meletakkan laptop dilantai karena mudah terkena debu dan resiko terinjak-injak oleh anak-anak atau binatang peliharaan anda.

8. Jauhkan makanan dan minuman dari laptop anda, karena resiko dapat tumpah atau makan berceceran bisa saja terjadi terutama pada keyboard maupun panel sentuh.

9. Jangan menghentakkan layar LCD keras-keras karena engsel dapat patah, dan jangan mengetuk-ngetuk dengan keras keyboard atau panel sentuh laptop anda.

10. Jangan meletakkan laptop di tempat yang bersuhu ruag ekstrim atau terlalu panas, misalnya di dalam mobil yang sedang parkir, maupun dibawah terik sinar matahari.

11. Jika anda bukan teknisi komputer yang berpengalaman, sebaiknya jangan membongkar laptop anda. jika laptop anda masih bergaransi, segera serahkan pada service center yang terpecaya.

12. Bersihkanlah laptop anda dengan rutin agar menjaga kualitas laptop kesayangan anda.
 anda dapat membersihkan laptop anda dengan kuas kecil yang bersih untuk keyboard, dan cairan khusus untuk membersihkan LCD display.

13. Melakukan jadwal perawatan secara teknis pada laptop anda.
 dengan mendefragmeter atau mengdisk clean up secara rutin, hal ini perlu dilakukan agar perfoma laptop tetap terjaga, mengupdate antivirus secara berkala agar terhindar dari virus saat melakukan tukar data sesama user dan saat downloading-browsing internet.

14. Selalu tempatkan laptop anda pada tas yang aman dari segala macam benturan maupun goncangan keras. usahakan jangan membawa banyak barang agar laptop tak tertekan karena dapat merusak komponen didalamnya. 

15. Terakhir, jaga kestabilan emosial anda dalam menggunakan laptop kesayangan anda. karena emosial orang satu dengan orang lainnya tentunya berbeda dan berpengaruh dalam memperlakukan laptopnya dengan baik. :)

Nahh, semoga artikel asli tulisan yang saya buat ini dapat bermanfaat bagi para pembaca yang budiman ya. ada kata yang agak kurang sopan, dan tidak menyenangkan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
KESEMPURNAAAN MILIK ALLAH, KEKURANGAN MILIK SAYA....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar